info@citraglobal.com

08179800163

Jl. H. Naman Komplek DDN Blok A17 Bintara Jaya,Bekasi Barat 17136

CItra Global Consulting

Citra Global Consulting

cgctaxconsulting.com

+6281802265000

Jl. H. Naman Komplek DDN Blok A17 Bintara Jaya,Bekasi Barat 17136

cgctaxconsulting.com

+6281802265000

Jasa Penyusunan TP Doc (Transfer Pricing Document)

Jasa Penyusunan TP Doc Citra Global Consulting Group

Citra Global Consulting melayani Jasa Penyusunan TP Doc (Transfer Pricing Document), termasuk strategi penyusunan untuk membantu klien dalam menghadapi masalah transfer pricing. Kami memberikan masukan mengenai dokumen dan strategi yang perusahaan perlukan untuk mencegah kerugian dari transaksi dengan pihak terkait dan skenario transfer pricing. Dalam menjalankan Jasa Penyusunan TP Doc (Transfer Pricing Document), Kami menggunakan Ahli Profesional di bidangnya untuk membantu Wajib Pajak untuk menentukan harga transfer pricing.

Apa Itu Transfer Pricing (TP Doc)

Transfer pricing adalah suatu keputusan dalam suatu perusahaan untuk menentukan harga transfer pada suatu transaksi. Transfer Pricing ada dua jenis, yaitu intra-company dan inter-company transfer pricing. TP Doc intra-company terjadi ketika divisi-divisi dalam satu perusahaan melakukan transfer pricing. Sedangkan, transfer pricing inter-company terjadi ketika dua perusahaan yang memiliki hubungan istimewa melakukan transfer pricing. Hubungan istimewa ini bisa terjadi antara dua perusahaan dalam satu negara (domestic transfer pricing), atau yang berada di negara berbeda (international transfer pricing).

Transfer pricing dapat menimbulkan masalah terutama transfer pricing internasional, jika dalam penggunaannya adalah untuk penghindaran pajak. Dalam international transfer pricing, perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda dapat mengatur harga transfer sedemikian rupa. Sehingga perusahaan di negara dengan tarif pajak rendah mendapatkan keuntungan yang maksimal. Sedangkan perusahaan-perusahaan di negara dengan tarif pajak lebih tinggi mendapatkan keuntungan yang minimal.

Lihat Juga : Jasa Pendampingan Pemeriksaan (SP2DK) Pajak

Persyaratan Transfer Pricing Document

1. Dokumen Induk

Dokumen Induk atau master file, mencakup informasi tentang grup usaha dan beberapa hal penting lainnya, termasuk:

1. Struktur atau bagan kepemilikan dari grup usaha atau yurisdiksi anggota yang terkait.
2. Kegiatan usaha yang grup usaha terkait lakukan.
3. Harta tidak berwujud milik grup usaha terkait.
4. Aktivitas keuangan dan pembiayaan dalam grup usaha tersebut.
5. Laporan keuangan konsolidasi dari entitas induk dan informasi perpajakan yang terkait dengan transaksi afiliasi.

Selain memahami isi dokumen induk atau master file untuk Dokumen Penentuan Harga Transfer, ada juga persyaratan penting yang lain dalam pembuatan TP Doc Master File, antara lain:

1. Terdapat transaksi barang berwujud dengan nilai lebih dari 50 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
2. Terdapat transaksi afiliasi barang berwujud dengan nilai lebih dari 20 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
3. Terdapat transaksi afiliasi baik dalam bentuk jasa, bunga, maupun barang tidak berwujud dengan nilai lebih dari 5 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
4. Pihak afiliasi berada di negara dengan tarif pajak yang lebih rendah daripada yang tercantum dalam Pasal 17 Undang-Undang Pajak Penghasilan.

2. Dokumen Lokal

Dokumen Lokal atau local file, mencakup informasi sebagai berikut:

1. Identitas dan kegiatan usaha yang telah dilakukan oleh Wajib Pajak terkait.
2. Informasi tentang semua transaksi afiliasi dan transaksi independen yang dilakukan oleh Wajib Pajak terkait.
3. Penerapan prinsip kewajaran dan kelaziman usaha atau Arm’s Length Principle.
4. Informasi seputar keuangan.
5. Kejadian dan semua fakta non-keuangan yang mempengaruhi pembentukan harga atau tingkat laba.

Untuk membuat dokumen lokal atau local file, terdapat persyaratan sebagai berikut:

1. Terdapat transaksi barang berwujud dengan nilai lebih dari 50 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
2. Terdapat transaksi afiliasi barang berwujud dengan nilai lebih dari 20 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
3. Terdapat transaksi afiliasi terkait jasa, bunga, dan barang tidak berwujud dengan nilai lebih dari 5 miliar rupiah pada tahun pajak sebelumnya.
4. Pihak afiliasi berada di negara yang memiliki tarif pajak lebih rendah dari tarif yang tercantum dalam Pasal 17 Undang-Undang Pajak Penghasilan.

3. Dokumen Per Negara

Dokumen CbCR atau Country by Country Report  adalah dokumen yang berisi informasi tentang alokasi penghasilan, pajak yang sudah dibayarkan, dan usaha per Negara dari seluruh anggota Grup Usaha baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Usaha per Negara tersebut harus mencantumkan nama negara, peredaran bruto sebelum kena pajak, PPh atau Pajak Penghasilan yang sudah dibayar secara mandiri, pajak penghasilan terutang, modak, akumulasi laba yang ditahan, jumlah pegawai yang statusnya tetap, serta harta berwujud selain kas. Selain itu, dokumen ini juga mencakup daftar anggota Grup Usaha serta kegiatan dari usaha utama per Negara.

Untuk membuat dokumen CbCR, terdapat beberapa kebijakan seperti mekanisme pengarsipan primer yang merupakan entitas induk dari grup usaha di Indonesia dengan peredaran bruto konsolidasi pada tahun 2016 yang nilainya lebih dari 11 triliun rupiah.

Selain itu, mekanisme pengarsipan sekunder wajib dipenuhi oleh Wajib Pajak dalam negeri Indonesia yang menjadi anggota dari grup usaha yang induknya ada di luar negeri. Wajib Pajak dalam negeri wajib membuat CbCr apabila Negara entitas induk tidak memiliki peraturan yang mewajibkan CbCR, tidak mempunyai perjanjian pertukaran laporan Negara dengan Indonesia, dan jika Negara entitas induk memiliki perjanjian laporan Negara dengan Indonesia tetapi sulit mendapatkan laporan tersebut, maka WP dalam negeri Indonesia juga harus membuat CbCR.

Citra Global Consulting Group pertama kali memberikan jasa konsultasi pajak pada tahun 2013. Dengan semangat “Opportunity in Numbers”. Untuk memenuhi persyaratan perubahan lingkungan bisnis sehari-hari di Indonesia.

Kami mendukung klien kami dengan dukungan profesional “generalis” dan ‘spesialis’ yang dapat menyesuaikan layanan kami dengan kebutuhan khusus klien kami – kombinasi antara lulusan luar negeri dan domestik, serta perkawinan keahlian dari kemampuan strategis, analitis dan praktis, keterampilan teknis. Kami mengukur kesuksesan kami dari kesuksesan klien kami.

Simak Video Kami Mengenai TP DOC

@citraglobalconsul Aspek Permasalahan apa ajah yang berkaitan dengan Transfer Pricing. #fyp #konsultanpajak #audit #pajak #keberatanpajak #transferpricing #konsultanpajakjakarta #pajakpenghasilan #jasaakuntansi #tpdoc #ppn ♬ suara asli – Citra Global Consulting

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top